Serunya Bermain dengan Rusa di Ranca Upas Ciwidey - tupee

Senin, 23 Mei 2022

Serunya Bermain dengan Rusa di Ranca Upas Ciwidey



Pergi dari ibu kota Jakarta menuju ke Jawa Barat Ciwidey, untuk memanjakan diri dari hiruk pikuk yang ada. Menghirup udara segar, memanjakan mata dengan melihat kehijauan yang terbentang luas, serta berinteraksi bermain dengan Rusa. Sedikit intro dari cerita perjalanan saya di Ranca Upas yang menyenangkan. Mari saya bawa kamu dari awal!

12 Mei 2022 saya bertolak dari kota Bandung menuju Ciwidey. Sebuah wilayah pedesaan di Kabupaten Bandung. Dengan menaiki sebuah motor, saya berangkat dari jam 12 siang. Suasana cuaca di Kota Bandung panas seperti di Jakarta. Namun saya tidak mengeluh dengan itu, karena selama perjalanan saya melewati pemandangan yang indah saat sudah sampai di Ciwidey. Udara yang sejuk, hijaunya pepohonan, dan banyaknya strawbery di sepanjang jalan, begitulah saya menggambarkan suasana desa Ciwidey.

Rute perjalanan yang menuju puncak membuat udara semakin terasa dingin, ini bertanda bahwa tujuan saya sudah dekat. Sebuah gerbang besar bertuliskan RANCA UPAS telah terlihat. Akhirnya sampai juga di kawasan wisata Ranca Upas. Ada hal lucu saat memasuki pos pembelian tiket masuk. Keasyikan ngobrol dan melihat suasanya yang hijau, gak sadar saya melewati pos pembelian tiket. "Eh bukannya itu pos pembelian tiket masuk ya?" ucap saya sambil mengerem motor matic. Sambil tersipu malu, saya memutarkan motor untuk membeli tiket masuk.

Petugas loketnya seorang perempuan, menanyakan kepada saya, "apakah mau berkemah atau kunjungan?" Saya menjawab berkemah. "Bobocabin atau bukan?" balas petugas loket tersebut. "Bobocabin".

"Semua menjadi 65 ribu rupiah." Bisa dibayar cashless atau tunai. Setelah bayar, lalu saya diberikan struk yang tertera QR Code, fungsinya untuk keluar masuk wisata Ranca Upas, misalnya mau ke Kawah Putih dulu atau nongkrong di cafe sekitaran situ. Bisa saja, asal jangan sampai hilang.

Hal pertama sampai di Ranca Upas adalah Check-in Bobocabin, namun karena saya datang lebih cepat dari waktu Check-in yaitu jam 2, akhirnya saya memutuskan untuk mengunjungi penangkaran rusa Ranca Upas.

Bermain dengan Rusa Ranca Upas

Pekarangan Rusa Ranca Upas Ciwidey

Untuk memasuki kawasan penangkaran Rusa tidak perlu bayar lagi, hanya saja jika mau memberi makan rusa bisa membeli wortel dengan harga Rp.10.000 saja. Saya membelinya untuk bisa berfoto estetik nantinya disana. Pengunjung disana sudah cukup ramai, ada yang datang bersama sanak keluarga, teman - teman, kekasih yang ingin foto pre-wedding. Saya juga ga sabar untuk berinteraksi dengan rusa - rusa itu. Awalnya agak sedikit berhati - hati, karena takut diseruduk haha..

Ini pengalaman pertama saya bisa dekat dengan rusa - rusa. Biasanya hanya melihat dari animal planet, atau kebun binatang. Jadi wajar saja muncul perasaan hati - hati mendekatinya. Apalagi ketika mereka tahu ada wortel di kantung saya. Rusa itu mulai mengejar saya kemanapun saya berada. Akhirnya saya dan rusa lari - larian seperti anak kecil yang sangat senang bermain dengan hewan kesayangannya.

"Kamu kok gak ngelindungin aku sih?" ucap dia yang komplen dengan saya. "Kamunya aja yang larinya salah. tidak mengikuti arahanku" jawab saya  yang melihatnya ketakutan dikunci target sama rusa.

Yuk bisa yuk, menyemangati diri untuk bisa mengambil foto estetik bersama rusa - rusa, dan inilah hasilnya!


Tips untuk bisa berfoto dengan rusa adalah jangan bawa wortel hahaha.. Karena mereka pasti akan mengejar kamu terus. Apalagi kalau sampe pakai parfum aroma wortel, gak kebayang deh pasti dikerubunin sama rusa. Tips kedua sebenarnya adalah bisa memilih rusa yang sedang berisitirahat, seperti foto yang saya bagikan.

Keasyikan bermain sama rusa hingga lupa waktu, dan saya harus kembali untuk ke kamar karena sudah waktunya. Di pintu keluar ada beberapa souvenir yang lucu, yaitu topi berbentuk rusa Rp.60.000, boneka rusa Rp.70.000, dan aneka buah dan sayuran. Serta juga ada booth jasa foto oleh fotografer dengan harga terjangkau. Ah tau gitu pake jasa fotografer hahaha..

Peta Lokasi Wisata Ranca Upas

Saya sangat mereferensikan untuk berliburan ke Ranca Upas Ciwidey, sebenarnya selain penangkaran rusa, spot wahana disana masih adalagi. Seperti Outbond, Kolam Renang Waterboom, Pemandian Air Panas, paintball dan lain - lain. Namun saya hanya mencoba bermain dengan rusa, karena tubuh ini butuh istirahat dari seharian motoran dari Bandung.

Masih belum bisa move on dari Ranca Upas. Kalau kamu gimana? Apa kenanganmu di Ranca Upas? Tulis di kolom komentar dibawah ya!

Tidak ada komentar:

Nih buat jajan

@msandyn_IG