Cara Naik MRT Jakarta : Beli Tiket Mudah Banget! - tupee

Rabu, 05 Januari 2022

Cara Naik MRT Jakarta : Beli Tiket Mudah Banget!


Weekend lalu saya menghabiskan waktu di ibukota Jakarta untuk mengambil beberapa gambar untuk kebutuhan projek konten saya. Lokasi yang saya tuju adalah Sudirman, pusat kota Jakarta dimana gedung pencakar langit berdiri kokoh disana. Selain gedung yang tinggi, stasiun MRT menarik perhatian saya selama penelusuran. Moda Transportasi kereta baru di Jakarta yang belum pernah saya coba. Karena saya punya banyak waktu, saya memutuskan untuk mencoba MRT.

Untuk kamu yang baru pertama kali naik MRT Jakarta, dan mengalami kebingungan seperti pembelian tiket dan rutenya. Saya akan bagikan pengalaman cara naik MRT Jakarta mulai dari beli tiket sampai rute perjalanan.

Hal pertama jika ingin berpergian adalah menentukan arah tujuan. Saya menentukan ingin ke Blok M, karena sudah lama juga tidak kesana. Saya masuk dari stasiun MRT Dukuh Atas, karena posisi saya sedang berada di Sudirman. Tidak seperti KRL, pengecekan di MRT cukup ketat juga. Pihak keamanan disana mengecek standar prokes saya dan isi tas. Setelah berada didalam saya melihat pengunjung tidak terlalu padat, dan ada beberapa gerai toko yang buka untuk sekedar jajan.

Cara Beli Tiket MRT Jakarta

Tiket MRT ini berbeda dengan tiket KRL. MRT punya banyak opsi tiket, diantaranya;

  1. Tiket Single Trip
  2. Tiket Multi Trip
  3. Kartu JakLingko
  4. Kartu Elektronik yang dikeluarkan oleh Bank
  5. Aplikasi MRT Jakarta

    Screenshot aplikasi MRT Jakarta


Saya memilih untuk menggunakan pembelian tiket di aplikasi MRT Jakarta. Alasannya adalah karena lebih praktis, tinggal unduh aplikasi di Playstore dan lakukan pembelian disana. Metode pembayaran di aplikasi juga mudah, saya memilih Gopay. Setelah pembelian tiket berhasil tiket saya sudah muncul di aplikasi.

Tarif MRT Jakarta

Bicara tarif atau biaya tiket perjalanan MRT Jakarta. Harganya tidak terlalu berbeda kalau dibandingkan KRL. Mulai dari Rp.3000 hingga Rp.14.000. Biaya perjalanan saya dari Dukuh Atas ke Blok M menelan kocek Rp.7000.

Panduan Naik MRT Jakarta

Suasana Pintu Gerbang Tap in MRT Dukuh Atas


Tiket sudah ditangan saya, maka langkah selanjutnya adalah;

  1. Saya lakukan Tap in di gerbang. Karena saya beli tiket dari aplikasi, saya Tap In menggunakan kode QR dari ponsel.
  2. Setelah itu saya menuju ke peron MRT. Karena saya berada di stasiun dukuh atas, maka peronnya berada di bawah (underground).
  3. Suasana menunggu MRT dilengkapi dengan waktu tiba kereta. Dan ingat jangan sampai salah naik jurusan ya! Dahulukan penumpang yang keluar, dan berdiri di garis antrian yang sudah ditentukan.
  4. Ketika sudah sampai tujuan, lakukan Tap Out di gerbang penumpang. Karena saya beli tiket dari aplikasi, saya Tap Out menggunakan kode QR dari ponsel.
  5. Jika mengalami kendala atau butuh pertanyaan, jangan ragu bertanya kepada petugas disana. Mereka siap membantu.


Kesan Naik MRT Jakarta

Suasana Peron underground MRT Jakarta

Tidak lengkap jika saya tidak memberikan penilaian atau kesan untuk MRT Jakarta ini. Kesan pertama saya adalah benar - benar naik kelas. Ketika saya turun dari KRL lalu masuk MRT berasa naik kelasnya. Mulai dari fasilitas umum yang bagus, standar keamanan seperti di bandara, dan integrasi teknologi yang memberikan kemudahan dalam menaiki MRT.

Kereta yang saya naiki tiba di waktu yang tepat, dan kerena MRT Dukuh Atas berada di bawah tanah, maka seisi pemandangan hanya tembok. Didalam gerbong suasananya sama seperti naik kereta pada umumnya, namun experiencenya akan berbeda ketika kertea berada dijalur diatas. Saya bisa melihat suasana kota jakarta dari atas. Waktu yang saya tempuh ke Blok M dari Dukuh Atas kurang dari 20 menit. Dan pintu exitnya langsung terhubung oleh mall blok m plaza atau blok m square melawai.

Suasana di dalam MRT Jakarta




Papan Informasi Jadwal Keberangkatan MRT


Peron MRT Blok M seperti di Anime ya

Kamu harus coba berpergian naik MRT deh! Harapan saya sih semoga jalurnya bisa lebih banyak dan mudah terintegrasi dari moda transportasi lainnya. Tentunya pembangunannya bisa merata, gak cuma di Jakarta. hehehe...

2 komentar:

Nih buat jajan

@msandyn_IG