LDR - LockDown Relationship - tupee

Jumat, 23 Juli 2021

LDR - LockDown Relationship



Bulan Juli merupakan bulan yang cukup sulit ditahun 2021. Pemberitaan media Indonesia, tidak henti - hentinya membicarakan Covid19. Pemerintah mulai kembali melakukan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau yang disingkat dengan PPKM darurat. Semua aktifitas dibatasi, Mall ditutup, Restoran hanya bisa take away, dan tempat wisatapun terkena imbasnya. Jalan - jalanpun disekat tidak ada celah untuk bisa berpergian ke pusat kota. Mau tidak mau, suka tidak suka, tagar kampanye DirumahAja masih tetap dilakukan.

Untuk kamu yang sekedar kangen sama pacarnya karena gakbisa ngapelin kerumah. Tenang, kamu gak sendirian. PPKM ini benar - benar menjadi problema dalam semua hal, mulai dari industri bisnis, ekonomi, kesehatan bahkan urusan asmara pun juga terganggu akibat PPKM. Bagaimana bisa begitu?

Biasanya saya bisa bertemu dengannya dengan jarak tempuh 90 menit, kini benar - benar tidak bisa. Selain karena penyekatan akibat PPKM, jumlah kasus harian postitf rate Covid19 mengalami kenaikan. Apalagi circle saya terdekat 1 per 1 mengalami berita gak enak. Ada yang terpapar, bahkan sampai pamit. Saya gak mungkin melakukan hal konyol memaksa bertemu untuk melepas rindu. Maka dari itu PPKM membuat yang dekat menjadi tak bisa bertemu, dan saya pun akhirnya memutuskan LDR LockDown Relationship.

LockDown Relationship


ilustrasi LockDown Relationship


Kamu pasti sudah familiar dengan istilah Long Distance Relationship atau yang disingkat dengan LDR. Suatu hubungan jarak jauh lintas kota, pulau atau negara. Saya gak menyangka jarak saya dengan doi yang bisa ditempuh kini terasa jauh akibat PPKM, dan saya menyebutnya LockDown Relationship.

Ketika wacana PPKM dimulai kami membahas ini dengan cukup serius. Saya mendiskusikan, bagaimana hubungan ini berjalan kedepannya. Karena saya khawatir hubungan saya tidak berjalan dengan baik. Seperti adanya rasa bosan karena komunikasi hanya bisa online, atau hal lainnya. Untungnya kami saling mengerti dengan keadaan dan berkomitmen untuk tidak bertemu hingga kondisi PPKM selesai atau keadaan membaik.

Gak mudah memang menjalani LDR ini. Seperti yang saya sebut diawal, bulan Juli adalah bulan terberat bagi saya. Karena di awal PPKM saya mengalami sakit dan harus beristirahat hingga semingu. Setelah itu, keluarga 1 per 1 ikut sakit dan giliran saya sembuh, eh malah doi yang giliran sakit. Dikondisi seperti ini, kami saling menguatkan satu sama lain, dia selalu ada untuk berkomunikasi dengan saya, begitupun saya untuknya.

Saya pun berpikir, jika hari - hari akan seperti ini, rasa bosan pasti akan muncul. Untuk menghindari pemikiran tersebut, sayapun mencari ide - ide kreatif untuk menjaga hubungan LDR kami semakin menarik. Mungkin buat kamu yang menjalani LDR sejak lama, bisa nih ngikutin ide kreatif yang saya lakukan.


1. Buatlah topik yang menarik untuk dibahas

Dalam menjalani LDR, komunikasi udah pasti kunci utama dalah hubungan. Sudah tidak atau jarang ketemu, komunikasipun tidak ada, akan membuat renggangnya suatu hubungan. Gak mungkin dong tiap hari topik yang dibahas adalah, kamu sudah makan? Kamu sudah mandi? Kenapa belum tidur?. Ngebayanginnya aja udah boring banget yah!

Dalam kondisi LDR PPKM ini, saya berusaha menjadi seorang Creative Director yang harus punya stok bahan atau ide kreatif. Saya membuat list hal menarik apa saja yang akan saya bicarakan. Contohnya yaitu saya membahas tentang berita hari ini? Lalu berdiskusi atau mendengar opini darinya. Selain itu, saya juga suka membahas hal - hal yang out of the box, seperti kalau kamu punya kantong ajaib Doraemon, kira - kira kamu mau pakai alat apa dan alasannya kenapa?

See? lebih menarik kan topik pembicaraan kami. Biasanya saya mengeluarkan bahan ini ketika momennya sudah hening kehabisan topik. Jadi bikin list topiknya dari sekarang.


2. Ajak bermain game

Tidak semua cewek bisa bermain game cowok, seperti Mobile legends, atau PUBG. Saya yang maniak game pun, harus berpikir bagaimana bisa mengajaknya bersenang - senang bermain game. Dan inilah permainan yang saya mainkan bersamanya secara online atau virtual.

A. Tebak Gambar


Game tebak gambar



Bermain tebak gambar dari Gartic.io sangat ampuh mengusir kebosanan kami menjalani LDR. Cara bermainnya yang mudah dengan cukup menggabar sesuai kata kunci, dan peserta yang lain menebaknya. Hal menarik dari game ini adalah ketika salah satu dari kami kebingungan menebak gambarnya dengan menunjukkan ekspresi yang kocak banget.

B. Ludo

Permainan papan klasik sejak dari kecil, kini sudah bisa dimainkan secara online. Dengan fitur voice, sayapun juga masih tetap terhubung komunikas dengan doi. Apalagi kalau dia berhasil mengalahkan saya di game Ludo ini. Ketawanya puas banget sumpaaah.

C. Truth or Dare

Nah ini permainan yang baru aja saya buat nih, kemarin itu pecah banget sumpah bermain ini. Cara bermain Truth or Dare secara virtual adalah, kamu hanya butuh melakukan videocall dan 1 tools random pick generator. Pertama atur nama kita berdua di mesin generator online, dan ketika nama saya atau doi terpilih, maka yang terpilih bebas memberikan pertanyaan ,dan yang tidak terpilih harus menjawab dengan jujur atau melakukan tantangan. Kami pun selalu tertawa disetiap ronde game berjalan, apalagi ketika melakukan tantangan yang super konyol.

3. Nonton film bareng online

Nonton bareng online

Bioskop tutup akibat PPKM siapa bilang kalau hobi menonton film bareng pacar udah gak bisa. Buktinya banyak platform atau aplikasi yang menyediakan fasilitas nontnon film bareng. Saya pun juga mencoba hal ini agar LDR kami berjalan seru. Kami berdua hobi banget nonton, terkadang obrolan kami suka membahas film. 2 platform yang saya gunakan untuk menonton bareng online adalah Kosmi dan Mesenger. Saya bisa melihat reaksi doi ketika ada adegan action atau adegan yang bikin jantungan. Seru deh!


4. Video call dengan efek menarik

Akhir - akhir ini saya jarang menggunakan videocall whatsapp. Fitur videocall di WA monoton banget. Sehingga saya beralih melakukan panggilan video dari WA ke messenger dari facebook. Yang saya suka dari fitur videocall mesengger adalah adanya penggunaan efek - efek wajah yang lucu ataupun konyol. Membuat komunikasi kami saat bertatap muka semakin menyenangkan.

Efek stiker di messenger

Fitur menarik di messenger



Selain itu, messenger juga punya fitur watch together dan share screen. Watch together ini seru, kami bisa menonton library video yang ada di facebook bersama - sama, mulai dari video lucu hingga film. Kalau share screen saya gunakan untuk membantu permainan truth or dare atau hal lainnya.

Itulah yang saya lakukan untuk menghadapi kebosanan dalam LDR. Sejak tulisan ini terbit, sudah 2 bulan lamanya saya tidak bertemu dengannya. Apa yang saya lakukan bersama doi terbukti cukup ampuh membuat hubungan ini awet. Selama LockDown Relationship ini berjalan, maka saya akan tetap memikirkan ide kreatif untuk tetap berkomunikasi dengan keseruan. Jika kamu punya ide kreatif saat LDR coba yuk cerita dikomentar! 😉

Tidak ada komentar:

Nih buat jajan

@msandyn_IG