Keseruan di Kelas Penyiar Indonesia : Announcing Skill & Sample Voice - tupee

Selasa, 25 Oktober 2022

Keseruan di Kelas Penyiar Indonesia : Announcing Skill & Sample Voice


Sudah lama juga tidak menggoreskan pena di blog ini, mohon dimaklumi 2 bulan terakhir kegiatan saya cukup padat. Melakukan trip bisnis ke Jawa Tengah, pekerjaan kantor yang numpuk, hingga mengikuti Kelas Penyiar Indonesia. Akhir pekan di bulan Agustus dan September memiliki cerita yang berkesan bagi saya. Karena saya ingin bercerita keseruan saya mengikuti Kelas Penyiar Indonesia sejak bulan Agustus 2022. Cerita ini sepertinya agak panjang, jadi kemungkinan saya akan bagi layaknya PART.

  • Apa itu Kelas Penyiar Indonesia?
Dilansir dari kelaspenyiar.com, Kelas Penyiar Indonesia merupakan ‘platform’ edukasi non-formal untuk bidang komunikasi, media, kepenyiaran dan dunia kreatif. Sederhananya mereka menyediakan sebuah kelas pelatihan yang berkaitan dengan dunia kreatif seperti media, broadcasting hingga komunikasi. Jadi saya menemukan kelas ini dari Instagram, dan saya mengikuti akunnya sejak lama.

Kelas Penyiar Indonesia memiliki salah satu program yang menarik buat saya yaitu Broadcast Advance Class atau yang disingkat BAC. Progam pelatihan BAC meliputi 6 kali pertemuan disetiap hari Sabtu. Setiap pertemuan peserta mendapatkan beragam materi yang berbeda dari Mentor handal. Materinya adalah Pengenalan menjadi penyiar radio, cara membuat Podcast, cara membuat program kreatif, cara memproduksi audio, cara menjadi host presenting dan terakhir adalah final assessment.

Kelas BAC digelar dengan 2 metode, yaitu online dan offline. Untuk online via Zoom, dan untuk offline berlokasi di LoopHaus cilandak Jakarta. Kelas BAC sudah berjalan hingga 24 batch, dan saya mengikuti di kelas BAC batch 25 offline.

  • Alasan ikut Kelas Penyiar Indonesia?
Dari SMA saya mulai tertarik dengan dunia broadcasting, apalagi dunia radio yang tiap hari dekat sama musik. Selepas SMA pun saya masih berangan - angan bekerja di dunia kreatif broadcasting. Namun ternyata untuk mencapai titik itu tidaklah mudah. Karena keterbatasan finansial, akhirnya saya mengurungkan niat saya untuk sekolah jurusan broadcasting.

Namun gak nyangka, zaman cepat sekali berubah. Dimana sekarang kita sudah memasuki Internet 2.0 yang artinya semua orang bisa menjadi content creator. Dengan modal kreatifitas dan niat, sudah bisa berkarya. Dari itulah saya ingin mendaftar, agar bisa mendapatkan feedback dari mentor handal dan bisa berkarya yang baik dan juga tentunya agar tetap bisa mengikuti perkembangan internet 2.0.

  • Pertemuan Pertama : ANNOUNCING SKILL & SAMPLE VOICE GUIDE
Dikelas pertama saya telat datang hahaha.. Karena saya lagi malas naik motor, jadinya berangkat naik KRL dan MRT lanjut Ojol. Karena kebanyakan transit, jadinya saya telat 20 menitan yang dimana kelas dimulai dari jam 1 siang. Terlihat kelas sudah ramai dengan peserta, dan untung saja mentornya belum mulai. Masih ada sedikit pembuka dan brief dari mas Awe selaku host.

Mentor di pertemuan pertama adalah Reza Alqadri penyiar radio dari Mustang 88.0 FM Jakarta. Dia membuka kelasnya dengan sedikit perkenalan dan obrolan santai dengan peserta. Saya sampai mengambil gayanya dia berbicara didepan umum. Kalem, santai, jokesnya natural, begitu sih first impression saya dengan dia.

Saya dikenalin apa itu Radio, kenapa radio masih exist sampai sekarang, dan gimana cara bikin Talk Set Radio, hingga Roleplay. Nah ini nih yang bikin deg-degan! Peserta di roleplay sendiri untuk melakukan siaran dengan backround intro lagu. Mau bilang malu udah bukan momennya, jadi saya pasang muka tembok dan PEDE aja.

Saya membuat skrip dengan mengangkat informasi film One Piece RED yang bakal tayang di Indonesia.  Saat itu roleplaynya sekitar 20 detik, dan sumpah itu rasanya grogi banget! Cuma saya harus act out aja udah. Dan mau tahu gak feedbacknya apa? Mas reza bilang, intonasi saya terlalu baca banget, harus lebih santai layaknya ngobrol sama temen. Selepas itu saya leganya bukan main, dan roleplay berlanjut ke peserta lainnya.

Kelas pun sudah selesai, dan mas Awe selaku host memberikan tugas membuat sebuah sampel suara yang sedang membawakan Talk set radio dengan deadline 5 hari saja. Kami pun berfoto - foto ria bersama teman - teman yang lain.

Bagi yang penasaran tugas sampel suara yang saya buat, bisa cek dibawah ini!

SAMPLE VOICE M SANDY N






 

 

Itulah keseruan saya di pertemuan pertama, dan materi ini sangat bermanfaat untuk saya. Karena saya jadi tahu bagaimana membuat sample suara untuk mendaftar ke stasiun Radio.Untuk kamu yang tertarik dengan Kelas Penyiar Indonesia, bisa berkunjung ke instagram Kelas Penyiar Indonesia. Tetap ikuti blog saya untuk mengetahui cerita saya di Kelas Penyiar Indonesia yang masih ada 5 bagian lagi loh! 

Tidak ada komentar:

Nih buat jajan

@msandyn_IG