Panorama Indah Bukit Holbung Samosir - tupee

Sabtu, 13 November 2021

Panorama Indah Bukit Holbung Samosir




 

Mendaki gunung lewati lembah. Sungai mengalir indah ke Samudera. Bersama teman bertualang 


Sepenggal lirik lagu ninja hatori yang kebetulan cocok banget dengan destinasi wisata saya yang terakhir di Danau Toba. Namanya Bukit Holbung Samosir, atau biasa yang dikenal dengan Bukit Teletubbies. Namanya juga bukit, untuk menikmati keindahan panorama Bukit Holbung, harus mendaki dengan berjalan kaki.

Boleh dibilang jalur untuk mengarah ke Bukit Holbung cukup merepotkan, karena infrastruktur jalannya masih belum aspal sebagian. Alhasil mobil yang kami kendarai harus berhati - hati, apalagi banyak lembu / sapi berkeliaran bebas menutupi jalan. Sebenarnya untuk bisa sampai ke Bukit Holbung dari Medan ada 2 opsi. Ambil Jalur dengan menyebrang perahu feri atau lewat Sidikalang lalu Tele seperti jalur yang kami tempuh tanpa harus menyebrang dengan perahu feri.

Sesampainya di tempat wisata terlihat suasana cukup sepi, mungkin faktor karena saya datang masih belum terlalu siang. Saya bisa melihat 1 atau 2 pendaki yang ingin berkemah dan aktifitas pedagang yang baru saja selesai membuka dagangannya. "Holbung parkir disini" teriak ibu pedagang di kawasan Bukit Holbung. Kami menurutinya dan sedikit berbincang dengan ibu pedangan setempat. Setelah itu kami berjalan kearah ke loket untuk membeli tiket masuk. Harga tiketnya terbilang murah Rp. 5000 / orang ditambah Rp. 10.000 untuk biaya parkir mobilnya.


Pintu masuk Bukit Holbung



Ada Apa Saja di Bukit Holbung Samosir?




Setelah membeli tiket, kami berempat excited mendaki Bukit Holbung. Untungnya jalur pendakian dasar sudah dibangun anak tangga beton untuk memudahkan penngunjung mendaki bukit. Namanya mendaki baru beberapa anak tangga, kami sudah engap. Kami mengambil nafas sejenak dan berpose untuk kebutuhan konten hahaha...

Anak tangganya sudah habis kami lewati, bukan berarti kami sudah sampai puncak. Melainkan kami sudah sampai di POS pertama pendakian. Bisa dibilang posisi kami setengah dari puncak Bukit Holbung yang kami daki. Darisini saya bisa melihat panorama Danau Toba yang sangat sangat indah. Dari atas saya bisa lihat langit yang biru, sekumpulan awan putih yang tebal terlihat sangat dekat, bukit hijau, dan danau toba yang sangat tenang. Kami yang beristirahat di POS ini sangat relaxing banget.

Berpose dijalur bukit holbung

pesona bukit holbung


"Bang!!" Salah satu pengunjung Bukit Holbung melewati dan menyapa kami yang sedang bersantai. Rupanya pengunjung tersebut adalah pendaki yang berkemah di Bukit Holbung sudah 2 hari lamanya. Ternyata benar tenda berwarna kuning menarik perhatian saya dari kejauhan. "Asyik kali yah, bisa berkemah di bukit holbung ini", ucap saya.

Adzan dzuhur bergema terdengar indah dari Bukit Holbung, ini menandakan matahari sudah terik. Padahal masih ada pendakian yang harus kami lewati untuk sampai ke puncak bukit. Merasa kelelahan dan harus mengejar 1 wisata lagi di Berastagi. Maka kami memutuskan untuk tidak melanjutkan ke puncak.

Kami menyimpan momen berempat dengan panorama pemandangan indah Danau Toba dari Bukit Holbung Samosir.







Setelah turun dari Bukit Holbung Samosir, perut terasa lapar. Karena sudah masuk jam makan siang, kami memesan makanan di warung yang kami singgahi di awal kedatangan. Saya memesan ketupat sayur dan mandi sebutan untuk Es Teh Manis. Kalau teman saya pesan Indomie Goreng, sumpah aroma Indomie gorengnya menggoda iman. Akhirnya saya pesan 1 porsi Indomie Goreng lagi, padahal saya sudah menghabiskan 1 porsi ketupat sayur. Indomie Goreng di warung ini disajikan dengan berbeda, porsinya banyak dan rasanya enak banget. Kami makan di Warung Muslim Avoiy, harga makanannya murah - murah, pemiliknya ramah sekali. Rekomen banget untuk bisa mencicipi Indomie Goreng buatan warung ini.




Tips & Biaya

Buat kamu yang ingin mengunjungi Bukit Holbung Samosir berikut adalh tips & biaya selama perjalanan kami;

Tips

1. Perhatikan cuaca selama perjalanan, hindari perjalanan dalam keadaan hujan deras, dikarenakan rawan longsor.
2. Selalu membawa cadangan bensin untuk kendaraan kamu, karena mencari SPBU cukup sulit.
3. Kalau bisa berangkat pagi sekali dari Medan, agar sampai Wisata Danau Toba dalam keadaan masih terang.
4. Waktu terbaik untuk menikmati pemandangan adalah saat matahari terbit, dan terbenam, Udaranya panas tapi sejuk
5. Jangan membuang sampah sembarangan.

Biaya tiket masuk Bukit Holbung Samosir

1. Harga tiket masuk / HTM : Rp. 5.000 / orang
2, Parkir Mobil : Rp. 10.000
3. Ketupat Sayur : Rp. 13.000
4. Indomie Goreng : Rp. 13.000

Walau perjalanan kami tidak sampai puncak bukit Holbung Samosir, saya pribadi puas telah mendaki bukit terindah dibantaran Danau Toba. Setelah selesai makan kami akhirnya benar - benar harus meninggalkan wisata Danau Toba. Sebuah perjalanan yang penuh dengan keajaiban semesta yang gak kapok untuk datang kembali.

Tidak ada komentar:

Nih buat jajan

@msandyn_IG