5 Kuliner di Semarang yang Wajib Dicoba - tupee

Selasa, 01 Juni 2021

5 Kuliner di Semarang yang Wajib Dicoba



Setiap saya mengunjungi sebuah tempat, pasti wisata kuliner merupakan hal wajib untuk dicicipi bagi saya. Begitupun ketika saya berjalan - jalan ke kota Semarang Jawa Tengah. Mulai dari rumah makan, Kafe, hingga jajanan Gerobakan di pinggir jalan yang selalu mempunyai cita rasa tersendiri. Tanpa sadar, ternyata banyak juga yang saya cicipi. Berikut adalah 5 Kuliner di Semarang yang wajib dicoba kalau kamu lagi main ke Semarang.


1.    Nasi Gandul – Kuliner Simpang Lima


Lagi asyik motoran di Simpang Lima Semarang tiba – tiba ada yang menarik perhatian saya. Lampu – lampu terang menghiasi sebuah jajanan kuliner berderet dari kejauhan. Karena penasaran, tanpa pikir Panjang, sayapun menepikan motor kesana. Banyak banget pilihan makanan yang ditawarkan, mulai dari ayam bakar, ikan bakar, soto, tahu gimbal, dan masih banyak lagi. Namun saya tertarik dengan sebuah makanan yaitu namanya Nasi Gandul, yang belum pernah saya coba sebelumnya.


5 Menit Nasi Gandul saya datang. Aroma daging sapi sudah tercium dan membuat saya tidak sabar mencicipinya. Disajikan dengan unik dialasi daun pisang, nasi, daging, sambal, dan bawang goreng. Semuanya dibanjiri dengan kuah khas nasi gandul.

Penyajian Nasi Gandul

Begitu disendok, rasa dagingnya ngena banget. Kuahnya agak manis, tapi nagih banget. Apalagi jika ditambahi sambel biar makin mantap dimulut. Sepintas Nasi Gandul memang terlihat seperti soto atau gulai, tapi menurutku Nasi Gandul punya khas tersendiri dengan penyajian yang unik.





Harga 1 porsi Nasi Gandul yaitu Rp. 25.000, dan jika kamu ingin coba Nasi Gandul kamu bisa main ke Simpang Lima, dan tempatnya juga asyik untuk menghabiskan waktu malam di Semarang loh.



 
2.    Super Penyet


Restoran ini tidak jauh dari tempat hotel saya menginap. Karena dari Jakarta saya memang niat untuk makan siang di Semarang, maka saya keluar berjalan kaki dari hotel. Tidak jauh ada restoran super penyet yang cukup luas.


Restoran Super Penyet menghadirkan masakan macam – macam varian menu masakan Indonesia. Menu popularnya pasti ayam penyet dengan macam varian sambel yang mereka punya. Karena saya merasa bosan dengan ayam penyet, saya memesan Combo Puas Ayam Hotpol.

Facade



Suasana didalam


Combo Puas Ayam Hotpol




Penyajiannya cantik dengan ala nasi tumpeng mini. Terdiri dari Ayam Hotpol, Telur Balado, Tempe Kering, Gudangan, dan Kerupuk udang. Begitu disendok ke mulut, saya bisa merasakan macam – macam rasa seperti pedas balado dan gudangan yang khas.



3.    Mie Gacoan


Pecinta kuliner Mie dan pedes wajib nih mampir ke Mie Gacoan. Tempat kulinernya anak nongkrong Semarang. Bisa dilihat dari parkiran kendaraan yang ramai, dan karyawan yang super sibuk tanpa jeda melayani pelanggan yang ingin mencicipi kuliner berbahan dasar Mie.

Mie Gacoan menghadirkan dengan nama menu yang unik, seperti Mie Angel, Mie Setan, dan Mie Iblis. Selain itu ada juga varian menu DIM SUM, dan Beverage.


facade



Walau mengantri tapi saya salut karena pelayanan kasir yang cepat, sehingga tidak terlalu lama antrinya. Pilihan saya jatuh dengan Mie Iblis dengan level kepedasan yaitu 4. Oia Mie Gacoan memiliki Level 1, 2, 3, 4, dan Level 6, 7,8. Saya masih belum tahu kenapa pedas Level 5 tidak ada dalam pilihan. Karena saya tahu akan makan pedas maka untuk memberi penawar pedas saya pesan ES Pocong dan DIM SUM Udang Keju.

Area Kasir



Pegawai yang terlihat sibuk



Outlet yang saya kunjungi memiliki lantai atas, karena dilantai bawah merasa penuh maka saya naik keatas. Urutan pesanan saya yang datang adalah Dim Sum udang keju, lalu Es Pocong dan kemudian Mie Iblis.

Saya coba Dim Sum udang kejunya dahulu. Agak kaget sih soalnya looksnya terlihat seperti nugget, bukan dimsum secara umumnya. Disajikan dengan sause asam manis dan saat digigit udang dan kejunya berasa dimulut. Porsinya 3 pcs dengan harga 8.600 rupiah.


Dim Sum Udang Keju

Mie Iblis Level 4

Es Pocong


Waktunya cobain Mie Iblis, disajikan dengan ayam suwir, dan 2 pangsit goreng. Tekstur mienya juga bagus, lembut tidak terlalu keras. Kalau rasa mienya juga gak kecewa, karena saya pesen dengan level 4 pedesnya, mulut isinya pedes semua haha..

Karena kepedasan, waktunya cobain Es Pocong. Minuman kombinasi buah tropical yang seger banget. Dengan topping jelly buah tentunya dan bisa menghilangkan rasa pedas gara gara mie iblis ini.


4.    Es Krim Mondo Gelato


Semarang itu unik cuacanya, kalau sedang terik rasanya panas banget. Apalagi waktu itu saya sedang menjelajahi tempat wisata Dusun Semilir di Semarang yang luas banget. Rasanya ingin makan es krim.

Untungnya saya menemukan kedai Mondo Gelato. Jadi Mondo Gelato ini cukup popular di Semarang. Menyajikan es krim dengan cita rasa Italia. Walaupun tidak mampir di Kafenya langsung, saya senang bisa menemukan Mondo Gelato di Dusun Semilir Semarang.


Manisan eskrim atau aku?



Tanpa pikir Panjang saya mencoba dengan ukuran cup 4oz dengan 2 varian rasa. Banana Caramel 2 scoop karena rasanya enak. Disajikan dengan cracker yang membuat penampilan semakin menarik, saya gak sabar untuk menikmatinya.

Cuaca panas yang terik langsung adem dengan eskrim Mondo Gelato ini. Rasa pisangnya kerasa banget yang dipadu dengan caramel membuat rasa manisnya jadi ketagihan.  


5.    Bakso Bakar Madu Urat Sapi


Nah ini seperti hidden gems banget nih. Lagi iseng main ke Lawang Sewu terus pas parker motor di gang begitu, ada gerobak yang bertuliskan Bakso bakar madu urat sapi. Terlihat seperti beda aja dari kumpulan pedagang jajanan yang ada disana.

Seperti namanya bakso urat sapi dibakar dengan lapisan madu. Bentuk baksonya cukup besar. 1 porsi harganya Rp.15.000 dengan 1 tusuk sate 3 bakso. Saya beli 2 porsi, kemudian baksonya dibakar dahulu. Proses pembakaran bakso sekitar 10 menit. Karena hari sudah malam dan Lelah, saya pun membungkus bakso bakar madunya untuk dipenginapan.

tumbaaaas....



proses bakar bakso

yummy


Bakso bakar madu ini rasanya enak banget loh. Rasa manis dari madu dan bakso daginnya pas. Sayang banget kalau ada saus lagi mungkin rasanya pedes manis.

Kuliner favorite kamu di Semarang apa? yuk cerita di kolom komentar :)

Tidak ada komentar:

@msandyn_IG