Mencari Harta Karun di Pasar Poncol Senen - tupee

Senin, 25 Maret 2019

Mencari Harta Karun di Pasar Poncol Senen




Hari kamis (21/03/2019) kemarin, saya pergi ke pasar poncol senen. Niatnya sih hanya mengisi waktu libur sambil belanja kalau ada barang bagus. Just FYI saya ini memang lebih suka membeli barang Secondhand atau used item daripada membeli baru, untuk barang baru pasti nunggu diskon. Gatau kenapa punya ketertarikan begini, tapi saya gak asal beli sih, kalau ada barang yang masih punya value tinggi tapi di obral pasti saya tertarik.

Pasar poncol senen memang tujuan saya untuk berburu harta karun bagiku. Kenapa begitu? Karena disitu banyak yang menjual barang original dengan harga miring. Gak mudah memang untuk mencarinya, terkadang saya harus jeli melihat dan mencari ditumpukan. Kalaupun dapat, saya harus berjuang untuk nego jika memang harganya masih belum masuk dengan kondisi barang.

Saya berangkat sekitar jam 1 siang dengan menaiki kereta dari Stasiun Tangerang. Jam 2 lewat, saya sampai di stasiun senen, dan saya segera menuju ke pasar senen untuk berburu harta karun. Tidak lupa untuk mampir berfoto di monumen perjuangan senen.






Hal pertama yang saya lihat adalah para pedagang baru saja menggelar lapaknya dipinggiran protokol jalan. Mulai dari Topi, Sweater, Baju, hingga celana semua dipajang dengan harga obral kualitas bekas. Mata saya tertarik sama lapak tas yang digelar dijalan. Iseng - iseng nyari, saya menemukan tas original dari Jepang, yaitu Doraemon. Iseng telpon teman, untuk nawarin, kali aja ada yang mau titip. Saya beli beberapa tote bag untuk saya pakai sehari - hari dengan harga 20 ribu saja.




Ada yang mau tas lucu Doraemon ini?



Setelah dari situ, saya masuk ke pasar poncol. Dimana pasar itu terkenal sekali dengan lapak bekasnya. Mulai dari spare part apapun, elektronik, game, pakaian, apapun mereka jual asalkan jadi duit. Suasana pasar poncol saat ini sudah mulai bersih dan rapih. Terlihat dari jalan di pasar sudah tidak rusak, maklum sudah ada 8 tahun sudah tidak kesini lagi. Jadi saya kaget dengan perubahan yang cukup bagus.




Dulu saat kecil, kalau ingat pasar senen adalah beli game. Yap, waktu kecil game konsol SEGA saya dapat dari poncol senen. Kalau papa ke Jakarta saya selalu bilang untuk titip kaset SEGA, dan sekarang saya kembali penasaran sama lapak yang mendisplay nintendo wii.


Tumpukan game konsol NES, Playstation, Wii dll



Iseng nanya dan saya lagi - lagi terkejut sama harganya. Setengah harga dari pasaran fullset, kondisi bagus hanya belum softmod saja. Karena merasa inilah harta karun saya pribadi bagi seorang yang suka main game, saya langsung melanjutkan untuk test game sebelum deal membeli.


  • DAPAT SEPATU BASKET ORI
Sneakernews.com



Nintendo wii akhirnya saya bungkus, dan Alhamdulillah dapat harta karun, ungkap saya dalam hati. Niatnya saya langsung mau pulang, karena operasional pasar poncol sudah mulai tutup di jam 5 sore. Sambil melirik lapak kanan dan kiri, tiba - tiba mata tertuju pada sepatu yang dipajang.

Sepatu basket berwarna ungu, dan iseng nanya, "berapaan pak?"
"60 ribu" jawab yang punya lapak.

"WHAT..!!
Harta karun lagi nih", ungkap saya dalam hati. Dengan reflek saya mencoba di kaki saya, dan pas banget, gak sempit dan gak longgar. Tanpa pikir panjang saya langsung deal dan langsung saya pakai untuk perjalanan pulang.




Menunggu kereta pulang ke Tangerang


Sesampai dirumah saya iseng ngecek serial number dari sepatu itu, dan ternyata tembus. Sepatu ini ternyata sepatu basket produksi Nike seri Kevin Durant. Saat saya cek harganya di online shop luar WOW fanstastis.





Ini yang saya sebut harta karun.


Saya ingin berbagi tips untuk membeli barang bekas tapi masih ada value dan profit untuk kita ;

1. Tentukan dulu barang yang mau kita cari. Jangan sampai sana, kita bingung mau beli apa, hal ini bisa juga untuk mematok budget belanja kamu agar kamu tidak tergoda sama produk lainnya.

2. Carilah lapak yang benar - benar pasang harga obral. Ada kok saya mampir ke toko Topi bekas yang tidak pasang harga. Memang sih original, tapi pas saya tanya harganya, dibuka dengan harga 150 ribu. Gak masuk bagi saya walaupun harus di nego, dan belum tentu juga keaslian terjamin. Lagi pula jika harus beli topi seharga 150 ribu, mending yang baru. Be a smart buyer.

Carilah yang benar mereka obral, walaupun di tumpuk - tumpuk, carilah ! Kali aja kamu menemukan harta karun disana.

3. Teliti, ini sih yang penting. Kita harus jeli dan teliti sebelum membeli barang bekas. Kalau untuk produk elektronik, tester dulu sebelum bungkus barangnya. Minta garansi, jika perlu save aja nomor pelapaknya untuk tanya - tanya barang lainnya.

Untuk produk seperti tas , baju, celana cek apakah ada yang robek, semua kancing atau resletingnya berfungsi, dan warna nya apakah pudar atau ada cat yang tidak bisa hilang?

Cucilah dulu sebelum pakai. Tips ini sebenarnya berlaku juga untuk yang mau dijual kembali.

Kalau kamu udah pernah dapat harta karun apa saja ? Cerita yuk di kolom komentar. Jangan lupa share ya ke teman - teman. (Red/San)









~MSN~


3 komentar:

@sansanndiIG